Advertisement

Saturday, March 16, 2013

Apa Itu Audio Mixer?

Belajar Audio Iman Prabawa - Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu audio mixer. Teman-teman pasti sering mendengar kata mixer, kalau kita membicarakan hanya mixer tanpa embel-embel audio akan menjadi sangat luas sekali tentunya. Karena pastinya da mixer yang untuk buah itu, nah kan kita lagi membahas soal audio, berarti ngga ada hubungannya dengan mixer buah dong? Hehehe.. Ataupun mixer yang untuk memblender makanan.

Makanya disini saya beri embel-embel mixer audio atau audiomixer. Mixer di dunia audio mempunyai banyak nama, seperti ada yang menyebutnya mixing console, sound board, mixing desk, mixing board, atau audio production console. Nah kalau kita di Indonesia lebih menyebutnya hanya dengan sebutan mixer saja. Ada nama yang lain ngga ya untuk di Indonesia untuk sebutan mixer untuk audio ini? Kalau ada silakan teman tulis di komen di bawah ini jadi saya juga bisa tahu juga sebutan atau nama lain dari mixer di Indonesia.

Karena kalau ampli gitar kan ada banyak sebutan di Indonesia ya, seperti misalnya salon gitar, atau cuk. Nah kalau mixer saya ngga pernah mendengar, atau mungkin belum pernah mendengar kali ya?

 

Fungsi Audio Mixer


Nah kita bahas sekarang adalah fungsi dari audio mixer. Yang utama adalah untuk mencampur sinyal audio pastinya. Kita jabarkan dari kata mix yang artinya mencampur, nah disini kita akan mencampur berbagai sinyal audio yang bisa diterima. Kalau sebuah band berarti akan ada sinyal audio untuk drum, untuk gitar, untuk bass, untuk vokal dan juga untuk keyboard.

belajar-audio-iman-prabawa

Nah baru setelah sinyal audio dari masing-masing instrument tersebut masuk di audio mixer kita, barulah kita bisa memprosesnya, misalnya meratakan suaranya, sehingga drum, bass, gitar, keyboard dan vokalnya jadi rata dan enak di dengar di telinga. Tidak ada yang kekerasan, itu bisa kita capai dengan mengatur volumenya untuk masing-masing sinyal audio yang ada.

Kemudian kita bisa memprosesnya misalnya dengan menambahkan alat untuk memproses sinyal yang lain, misalnya equalizer atau kita ingin menambahkan efek reverb pada vokalnya, atau kita ingin memberikan compressor pada masing-masing instrumentnya. Nah dengan mengerti dan mengenal audio mixer ini nantinya pasti kita akan bisa melakukannya dengan baik karena kita paham fungsi-fungsi tombol yang terdapat pada audio mixer.

Nanti di tulisan yang selanjutnya kita akan membahas ya mengenai tombol-tombol apa saja yang terdapat pada sebuah audio mixer ini sehingga teman-teman juga bisa mengerti. Nah intinya audio mixer adalah sebuah alat untuk mencampur sinyal audio, dan kemudian kita bisa memprosesnya disini, untuk nantinya bisa kita keluarkan kemanapun yang kita mau. Misal kita mau mengeluarkan pada speaker monitor, nah kita bisa. Kita ingin mengeluarkan pada headphone kita, itu juga bisa.

Oke, kalau begitu kita sudahi dulu artikel mengenai apa itu audio mxer ini. Sampai ketemu di tulisan saya yang lain ya. Nanti saya akan membahas mengenai tombol-tombol yang ada di sebuah audio mixer dan apa fungsinya dari tombol-tombol tersebut.



Baca juga :
  1. Apa Itu Feedback?
  2. Cara Menghilangkan Feedback
  3. Tips Menggunakan Microphone

No comments:

Post a Comment