Advertisement

Thursday, August 1, 2013

Cara Membuat Studio Rekaman Di Rumah

cara-membuat-studio-rekaman-di-rumah

Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat studio rekaman di rumah. Banyak yang bertanya mengenai hal ini dan ingin bisa membuat rekaman di rumah dengan alat yang minimal tapi dengan hasil yang maksimal, saya akan sedikit sharing biar hal ini bisa teman-teman lakukan di rumah teman-teman. Yuk kita simak artikelnya..
Untuk bisa membuat rekaman sederhana di rumah dengan kualitas yang bagus kita perlu mempunyai beberapa hal. Disini kita membahas dengan mengunakan DAW ya atau singkatan dari Digital Audio Workstation, karena kalau kita menggunakan analog nantinya bukan jadi murah lagi, tapi jadi serba mahal. Kita kan niatnya bisa rekaman dengan bajet yang minim tapi dengan hasil yang ngga malu-maluin lah.

Perangkat Yang Kita Perlukan

Untuk bisa merekam dengan cukup baik di rumah kita sendiri yang perlu kita punyai antara lain :
  •  Sebuah Komputer PC 
Nah untuk bisa merekam dengan sederhana menggunakan komputer yang sederhana saja, misalnya dengan menggunakan sebuah komputer dengan prosesor quadcore sudah cukup kok. Saya juga menggunakan komputer dengan quadcore. Nah ini nantinya pasti akan berkembang karena komputer kan makin lama makin usang. Tidak perlu komputer yang terlalu cepat kalau hanya untuk merekam yang sederhana saja, kalau ingin tidak pake ngehang ya memang gunakannya komputer dengan spec yang kencang, lebih enak sih nantinya ketika kita mixing lagu dengan banyak track dan banyak plug in.
  • Sebuah Interface
Nah interface ini bahasanya audio, kita mengenalnya dengan nama sound card, atau juga converter. Nah beli sound card yang seperti apa? Saran saya gunakan sound card yang memang khusus dibuat untuk audio, merek-merek seperti M-Audio, Presonus, Echo adalah merek-merek yang memang khusus untuk audio. Jangan menggunakan yang untuk multimedia, karena biasanya yang untuk audio memang dirancang khusus untuk ini. Harga? Bisa dicek di mbah google, kira-kira kisarannya 1 juta hingga 2 juta untuk yang dua channel, kalau ingin yang bisa merekam drum, saran saya beli lah yang 8 channel minimal tapi harganya juga pasti lebih mahal. Untuk harga silakan di cek aja lewat google.
  • Alat Musik
Nah untuk ini teman-teman yang bisa menentukan, apakah hanya ingin menggunakan sebuah keyboard controller, dimana nanti soundnya ambil dari software? Untuk gitar bisa beli gitar juga bass atau dengan keyboard controller suara bass dan gitarnya diambil dari MIDI untuk menghemat biaya, kalau untuk drum bisa menggambar dengan membuat MIDI saja, tapi kalau kurang puas bisa membeli drum akustik, tapi kalau membeli drum akustik nanti sudah tidak murah lagi, karena kita juga harus membeli microphone yang minimal 6 buah juga. Kalau mencari yang murah lebih baik beli keyboard controller saja kemudian berkreasi dari situ.
  • Microphone
Nah karena asumsinya drumnya menggunakan MIDI kita hanya memerlukan sebuah microphone untuk merekam suara vocal, untuk gitar dan bass tinggal colok aja mendingan biar lebih praktis. Saran saya mendingan menggunakan condenser microphone untuk hal ini. 
  • Kabel-kabel
Kalau bisa solder sendiri mending solder sendiri aja, beli kabel Canare L-2T2S dan kemudian kita beli konektor Neutrik, nah ya udah deh, jadi.

Kira-kira seperti itu perangkat yang kita butuhkan untuk kita bisa merekam dengan sederhana di rumah dengan budget yang minim. Semoga bisa bermanfaat dan kita sudahi dulu artikel mengenai cara membuat studio rekaman di rumah ini.


6 comments:

  1. irez mau belajar donk a hehehehehehehehhe :p ,scoring gmna scoring :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. woiii rez.. kemana ajaaa??? ahahahaha.. gila ngilang aja sih!!

      Delete
  2. irez mau belajar dong a :P , kpn ni ktmu lgi scoring gmna scoring :p

    ReplyDelete
  3. aq pengen bejar a heehehehe maen k tmpt irez a :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rez LF apa kabar? masih suka main kesana ngga?

      Delete